ROG Strix Scar 17, Cocok untuk Gamer dan Content Creator

 Berita dari Medcom

Asus ROG menjadi sebuah brand yang cukup lama berkecimpung di dunia gaming, mereka sudah cukup sering menjadi pilihan untuk para gamer, khususnya untuk PC. Selain itu, mereka juga cukup sering menciptakan beberapa periferal untuk kebutuhan gaming para konsumennya.

Kali ini, meja pengujian redaksi Medcom.id kedatangan salah satu Strix Series dari Scar 17. Salah satu laptop unggulan dan menjadi salah satu laptop kualitas premium dari ROG ini ditenagai dengan prosesor AMD Ryzen 9 7945HX dan ditambah dengan GPU dari Nvidia GeForce RTX 4090, sehingga laptop ini memang diklaim cocok untuk kegiatan gaming dan pembuatan konten.

Desain


Ini menjadi salah satu nilai tambah dari laptop yang satu ini, untuk konektivitas HDMI, charging port, dan menyediakan 2 port Type-C terletak pada bagian belakang dari laptop ini. Jadi, ini sangat memudahkan para pengguna untuk menghubungkan kabel HDMI untuk monitor dan pengisian daya.

Selain itu, kelebihan dari meletakan beberapa port tersebut di bagian belakang adalah untuk kepentingan desk setup pengguna. Jadi, para pengguna akan memiliki setup desk yang lebih rapi dan kabel-kabel akan tertutup dengan besarnya layar yang berukuran 17.3 inci.

Kemudian, untuk bagian kanan dari laptop ini sudah tersedia dua buah port USB yang bisa digunakan untuk keperluan flash disk/HDD atau mungkin untuk menghubungkan mouse eksternal serta keyboard eksternal. 

Selain itu, bagian kanan laptop ini sudah menyediakan audio jack 3.5mm untuk kepentingan audio para pengguna. Seperti yang diketahui juga bahwa audio jack 3.5mm menjadi salah satu format yang sudah terbilang universal dan kompatibel dengan sebagian besar jenis headset gaming.

Salah satu yang mencuri perhatian kami adalah dari sisi ketebalan laptop ini. ROG Strix Scar 17 ini mempunyai ketebalan mencapai 2.3cm. Berarti, laptop gaming ini memang mempunyai ketebalan yang cukup tebal, tetapi hal ini memang mempunyai maksud tersendiri.


Pada bagian kanan dari laptop ini, sebenarnya tidak memiliki konektivitas atau antarmuka fisik apapun. Hanya saja, pada bagian kanan tersedia alur udara pembuangan panas yang cukup bermanfaat. Namun, pembuangan udara ini memang tersedia diberbagai sisi, hal ini dilakukan agar bisa memaksimalkan suhu laptop, terutama untuk bermain game dengan kualitas AAA.



Untuk menambah kesan ]gaming dari laptop ini, mereka sudah menambahkan pencahayaan RGB pada bagian kolong dari laptop ini. Jadi, untuk para penggemar RGB laptop ini mungkin bisa dikatakan menjadi salah satu desain laptop yang cukup aesthetic. 

Kemudian, pada bagian belakang layar juga mereka menyediakan pencahayaan LED untuk logo ROG. Oleh karena itu, jika laptop ini dinyalakan pada kondisi ruangan yang gelap maka akan sangat terlihat logo ROG dari laptop ini.

Pastinya laptop ini mempunyai keyboard yang didukung dengan pencahayaan RGB. Bisa dikatakan laptop ini sangat mengedepankan seni RGB untuk sebuah laptop gaming. Namun, untuk kenyamanan keyboard saat digunakan untuk mengetik, maka dikatakan keyboard dari ROG Strix Scar 17 cukup nyaman untuk digunakan dalam jangka.

Fitur

Laptop ini pastinya sudah menyediakan webcam untuk digunakan dalam keperluan panggilan video atau melakukan rapat virtual. Kualitas dari webcam juga tidak terlalu buruk dan cukup maksimal, hanya saja layaknya webcam bawaan dari sebuah laptop, kamu diwajibkan untuk mendapatkan kondisi ruangan yang mempunyai pencahayaan yang kondusif.

Performa



Jika membahas tentang baterai, laptop ini tidak mempunyai kekuatan baterai yang kuat. Bahkan, saat kami sedang melakukan pengujian terkait ketahanan baterai menggunakan software PCMark 10 Modern Office, data dan hasil menunjukkan bahwa laptop ini hanya mempunyai ketahanan baterai 2 jam 43 menit.

Namun, jika membahas tentang performa, mungkin ROG Strix Scar 17 sudah tidak perlu diragukan, karena selama digunakan untuk keperluan produktivitas sangat mumpuni. Kami juga melakukan pengujian terkait performa menggunakan PCMark 10, dan hasil juga menunjukkan data yang cukup kuat dari laptop ini. Jadi, memang laptop ini mempunyai performa yang cukup apik.


Kami juga melakukan pengujian grafis, karena memang GPU yang digunakan menggunakan Nvidia GeForce RTX 4090. Dari hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa laptop ini mempunyai kemampuan grafis yang mencapai 18.948, yang berarti hasil menunjukkan bahwa para gamer akan sangat nyaman bermain dengan grafis yang maksimal.


Oleh karena itu, kami juga melakukan pengujian grafis in-game. Pertama kami menggunakan salah satu game yang pastinya mempunyai kualitas AAA, Cyberpunk 2077. Pada game tersebut kami menggunakan Quality Preset Ultra dan pastinya mengaktifkan teknologi Ray Tracing.

Hasil pengujian laptop ini mempunyai rata-rata 86.71 FPS yang berarti laptop ini sangat mulus dalam menjalankan grafis yang bagus. Bahkan, maximal FPS dari laptop ini mencapai 110.89, sehingga memang mempunyai performa yang kuat.


Selain dari Cyberpunk 2077, kami juga melakukan in-game benchmark menggunakan Farcry 6. Salah satu game unggulan Ubisoft dan mempunyai kualitas AAA. Dari hasil pengujian kami mendapatkan rata-rata 96 FPS, angka tersebut merupakan angka yang cukup tinggi dan untuk memainkan game sejenis Farcry 6 ini para gamer akan merasakan kenyamanan yang tercipta. Bahkan, puncak FPS dari laptop ini mencapai 131 FPS.

Kemudian, kamu melakukan pengujian menggunakan Cinebench R23, software ini merupakan salah satu software benchmark untuk menguji kemampuan rendering dari sebuah laptop.

Kami menguji saat sedang melakukan charging dan untuk multicore kami mendapatkan hasil 31331 dan untuk single core mencapai 1904. Jadi, bisa disimpulkan laptop ini cukup ideal untuk melakukan rendering dan merupakan salah satu kegiatan yang cukup sering dilakukan oleh para pembuat konten.

Kesimpulan

Bisa dikatakan laptop ini merupakan salah satu laptop yang mempunyai performa terbaik dikelasnya. Bahkan, untuk memainkan game dengan kualitas AAA sangat mudah untuk memberikan kenyamanan yang dicari oleh para pemain. Kemudian, untuk para editor maka untuk melakukan kegiatan pasca produksi juga bisa dikatakan sangat ideal karena laptop ini mampu untuk melakukan rendering dengan cukup maksimal.

Hanya saja, kami merasa kurang puas dari ketahanan baterai yang diberikan dari ROG Strix Scar 17 ini. Karena untuk dibawa pergi dan melakukan produktivitas diluar rumah, kamu disarankan untuk mencari soket listrik untuk melakukan pengisian daya. Jadi, untuk laptop yang memang dirancang untuk mobilitas sangat kurang dan tidak efektif.

Kemudian, pencahayaan dari laptop ini terlalu banyak. Pastinya pencahayaan tersebut akan sangat cocok dan digemari oleh para pencinta RGB. Namun, untuk para pecinta desain minimalis bisa dikatakan pencahayaan dari laptop ini terlalu banyak. (Christopher Louis)

 

Spesifikasi ROG Strix Scar 17
ProsesorAMD Ryzen 7945HX
GPUNvidia GeForce RTX 4090 
RAM32GB
Memori1TB
Layar17.3" QHD
Bobot3kg
Dimensi39cm x 28cm x 23mm
HargaRp68.999.000

 

 
9.2
ROG Strix Scar 17
Plus
  • Performa kencang
  • Keyboard nyaman
  • Antarmuka fisik lengkap
  • Oembuangan udara sangat efektif
  • Layar lebar
Minus
  • Terlalu banyak pencahayaan RGB
  • Baterai tidak tahan lama


Source: medcom.id


Comments