Palit GeForce RTX 4060 Dual, VGA Minimalis Mungkin Menarik

 Berita dari Mohammad Mamduh


Jakarta: Setelah muncul dalam ajang Computex 2023 bulan Mei lalu, jajaran lini kartu grafis Nvidia GeForce RTX 4060 akhirnya mulai tersedia di pasar global, termasuk Indonesia.

Terdiri dari versi biasa dan Ti, Nvidia menciptakan GPU ini untuk mereka yang berkutat pada visual gaming 1080p alias Full HD, atau para pemilik GTX 1060, GTX 1650, hingga RTX 2060. Secara spesifik, RTX 4060 ingin menjawab pengguna yang tidak memiliki spesifikasi PC kelas atas.

Meja pengujian redaksi teknologi Medcom.id kali ini kedatangan kartu grafis yang mengusung GPU tersebut, Palit GeForce RTX 4060 Dual. Punya dimensi 249.9 x 123.5 x 40.2 mm, ia memiliki bodi yang lumayan besar, mungkin menyusul RTX 4060 Ti atau generasi sebelumnya.

Namun, beratnya terasa jauh lebih ringan. Hal lebih mengejutkan terlihat dari ukuran konektor PCIe yang lebih kecil dari biasanya, yang terpangkas lebih dari 50%. Dari sini kita sudah bisa berasumsi terhadap performa yang dibawa. 

Melihat desainnya lebih jauh, Palit GeForce RTX 4060 Dual sesungguhnya punya ukuran PCB yang mungil, seperti kartu grafis versi ekonomis. Bodinya tetap berukuran besar berkat sistem pendingin dua kipas berukuran 95mm yang terbungkus bingkai.

Kipas ini hanya akan berputar saat suhu mencapai 40 derajat Celcius. Ini membuatnya cukup senyap, meskipun ketika kedua kipas ini berputar. Bingkai ini tetap memiliki backplate, dan semuanya menggunakan material polikarbonat. Bingkai ini juga menyelimuti heatsink yang ukurannya melebihi PCB. Sisi kerennya, bingkai ini masih menyediakan ruang untuk LED RGB.



Soal antarmuka, Palit GeForce RTX 4060 Dual punya satu port HDMI 2.1a dan tiga port DisplayPort 1.4a, terlepas dari kemampuannya yang mengutamakan resolusi 1080p, bukan 4K. Kamu masih bisa memainkan resolusi Full HD dengan dua monitor, tetapi resolusi yang lebih tinggi atau layar lebar alias widescreen mungkin akan terkendala. Penggunaan satu port power 8-pin menunjukkan ia merupakan kartu grafis yang hemat daya. 

Salah satu fitur unik yang Palit umumkan saat ajang Computex 2023 adalah Maker. Pengguna boleh mencetak bodi casing secara mandiri menggunakan printer 3D, dan menggunakan tema yang telah tersedia. Memang, pada penggunaan sehari-hari, fitur ini tidak terlalu terlihat karena tertutup casing. 

 

Testbed Medcom.id
ProsesorIntel Core i9-13900K AMD Ryzen 9 7900X
MotherboardColorful CVN Z790D5 Gaming Frozen
CoolerNoctua NH-D12L
RAMKingston Fury Renegade DDR5 RGB 32GB (2 x 16GB)
StorageLexar NM710 1TB
PSUCorsair RM850X
MonitorAsus TUF Gaming VG259QR
MouseLogitech MX Master 3
KeyboardLogitech MX Keys
MousepadLogitech Desk Mat

Membahas performa, Palit GeForce RTX 4060 Dual mampu menjalankan game AAA dengan framerate yang lumayan tinggi. Ini terlihat dari pengujian kami yang menggunakan aplikasi 3DMark TimeSpy, serta dua game Cyberpunk 2077 dan FarCry 6. Pada screenshot di bawah ini, terlihat ia mampu menghasilkan framerate lebih dari 60fps untuk pengaturan grafis tertinggi.




Pengaturan lebih spesifik pada bagian Setting dalam game, seperti mengurangi beberapa efek visual, pastinya akan meningkatkan performa. Namun, tidak ada salahnya untuk mengaktifkan banyak fitur grafisnya, karena VGA ini sudah mendukung beberapa teknologi Nvidia terkini, seperti DLSS 3 dan dukungan Nvidia Studio.

Kesimpulan

Di Indonesia, Palit GeForce RTX 4060 Dual punya kisaran harga Rp5,2 juta. Sebenarnya harga ini cukup menarik berkat kemampuannya yang lumayan pada resolusi 1080p. Namun, pada dasarnya peningkatan performa yang ditawarkan tidak terlalu signifikan dari RTX 3000 Series.

Jika mengacu pada gamer pemilik seri GTX atau RTX 2000 series, harga yang dipatok mungkin terasa lebih tinggi. Di sisi lain, ia telah mengadopsi beberapa fitur dari arsitektur GPU terkini.

8
Palit GeForce RTX 4060 Dual
Plus
  • Performa mumpuni di 1080p
  • Bodi minimalis
  • Fitur Nvidia terkini
Minus
  • Peningkatan sedikit dari generasi sebelumnya
  • Harga


Source: medcom.id

Comments